frcorner.com

forex and stock corner community

Alat untuk Memotong Besi

Mungkin sebagian dari Anda masih memiliki rasa penasaran soal bagaimana cara memotong besi dengan aman

Berikut sederet alat yang bisa Anda gunakan untuk memotong besi. Tentunya setiap alat yang akan dijelaskan di bawah ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda, ya. 

1. Tang

Alat pertama pemotong besi yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda adalah tang. Sebenarnya alat satu ini memiliki persamaan dengan gunting. Lalu, pada umumnya tang lebih cocok jika digunakan untuk memotong besi dalam wujud lembaran tipis. Sehingga, jangan pernah sesekali mencoba memotong besi dengan ukuran yang tebal, tulangan atau bahkan batang bundar. Jelas saja Anda tidak akan berhasil memotongnya.

2. Bolt Cutter

Alat pemotong besi selanjutnya adalah bolt clutter yang lebih seringnya digunakan untuk memotong baut. Namun, sebenarnya kemampuan alat satu ini tidak hanya terbatas pada memotong baut saja. Melainkan juga dapat digunakan untuk memotong logam dengan ketebalan dan kekuatan yang menyerupai seperti rantai, jaring kawat, tulangan, gembok, dan lain sebagainya.

3. Gergaji Besi

Gergaji besi ini cukup terbilang sebagai perkakas yang sangat umum dan hampir semua dari Anda memilikinya di rumah. Alat ini juga memiliki kemampuan dalam melakukan pemotongan besi. Sama hebatnya dengan alat pemotong besi yang sudah dijelaskan di atas tadi, gergaji besi juga tidak hanya mampu memotong besi saja. Namun, juga dapat diandalkan untuk memotong berbagai jenis baja lainnya seperti tulangan, pipa bulat, pipa persegi, dan sebagainya.