frcorner.com

forex and stock corner community

Alat Keselamatan Kerja di atas Kapal

Optimalisasi Perlindungan Tenaga Kerja Menyelami Pentingnya Alat Keselamatan Kerja di atas Kapal untuk Mencegah Kecelakaan Berbahaya

Kecelakaan kerja bisa terjadi dimana saja, baik itu di darat, udara maupun di laut. Masing-masing wilayah memiliki standar serta alat keselamatan kerja yang berbeda-beda, tergantung area kerja dan jenis pekerjaannya. Begitu juga saat bekerja di atas kapal, ada standar keamanan yang diatur oleh badan organisasi PBB melalui IMO mengeluarkan SOLAS (Safety of Life At Sea).

Semua peraturan dan pedoman yang dibuat semata-mata hanya untuk kepentingan keselamatan pekerja. Pasalnya, pekerjaan di atas kapal bukanlah hal yang mudah, bahkan penuh dengan resiko. Untuk itu, menjaga keamanan dan keselamatan pekerja akan menjadi tanggung jawab semua pihak.

Peralatan K3 dan Alat Keselamatan Lainnya

SOLAS tidak hanya mengatur pedoman keselamatan, namun didalamnya juga terdapat rekomendasi alat keselamatan kerja saat di atas kapal. Mulai dari peralatan K3 hingga sekoci termasuk di dalamnya. Berikut ini kami rangkum beberapa diantaranya:

1.Jaket Pelampung

2.Ban Pelampung (Lifebuoys)

3.Helm Safety

4.Baju Pelindung

5.Sarung Tangan Safety